Syarat Dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan ini menetapkan syarat dan ketentuan umum yang mengatur kegiatan pembelian Produk pada Situs rilmen (selanjutnya disebut “Syarat dan Ketentuan”).

Pembeli wajib membaca dan menyetujui isi Syarat dan Ketentuan ini sebelum Pembeli melakukan transaksi pembelian di rilmen. Apabila Pembeli tidak menyetujui isi Syarat dan Ketentuan ini, Pembeli sangat disarankan untuk tidak melakukan transaksi pembelian di rilmen.

Dengan melakukan transaksi pembelian di rilmen, Pembeli berarti menyetujui Syarat dan Ketentuan dan menyatakan terikat dan tunduk pada Perjanjian dengan Toko Online dan Syarat dan Ketentuan.

A. Definisi

  1. “rilmen” adalah suatu usaha perorangan/CV/perseroan terbatas dengan nama dagang rilmen. 

  2. “Situs rilmen” adalah di mana rilmen menampilkan Produk dan Harga untuk dijual kepada Pembeli.

  3. “Produk” adalah barang-barang yang dijual di rilmen sesuai yang berada pada katalog produk di situs rilmen. 

  4. “Harga” adalah harga dalam nilai mata uang Rupiah atas setiap Produk yang dijual di rilmen.

  5. “Perjanjian” adalah kesepakatan antara Pembeli dan rilmen mengenai Produk dan Harga yang terjadi pada saat Pembeli menyetujui untuk membeli Produk dengan mengirimkan Form Pesanan dan rilmen mengirimkan konfirmasi Pesanan telah diterima. Dalam Perjanjian, Pembeli wajib membayar Harga dan Toko Online wajib mengirimkan Produk.

  6. “Form Pesanan” adalah formulir yang harus diisi oleh Pembeli untuk memesan Produk yang dibeli, yang berisi rincian Nama Pembeli, Alamat, Nomor Telepon, Produk (beserta jumlah, warna dan tipe), Metode Pembayaran, dan Metode Pengiriman yang secara otomatis dikeluarkan oleh sistem kepada Pembeli, sebelum Pembeli menyelesaikan pembelian..

  7. “Pesanan” Produk yang akan dibeli oleh Pembeli mencakup jumlah, warna dan tipe dan Harga.

B. Produk dan Harga

  1. Produk dan informasi atau deskripsi keseluruhan Produk (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) yang ditampilkan di Situs rilmen adalah akurat, benar dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Perbedaan warna dapat terjadi tergantung pada monitor komputer/tablet/handphone Pembeli.

  2. Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari Produk sebagaimana terlihat di situs rilmen tergantung pada monitor komputer/tablet/handphone Pembeli. rilmen telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di Situs rilmen muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs rilmen akan seluruhnya akurat.

  3. Harga yang ditampilkan di Situs rilmen adalah akurat dan yang berlaku pada waktu harga tersebut tercantum. Harga dapat berubah sewaktu-waktu, namun demikian, perubahan tidak akan mempengaruhi Pesanan yang telah dikonfirmasi oleh rilmen. Pembeli hanya akan membayar Harga yang tertera di Form Pesanan yang telah dikonfirmasi.

  4. rilmen bertanggung jawab atas ketersediaan semua Produk yang ditampilkan dalam Situs rilmen. Apabila stok Produk tidak tersedia atau habis, rilmen akan memberikan opsi Pre Order ketika Produk tersebut tidak tersedia atau habis. 

  5. Terkait ketersediaan, stok Produk dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Produk kosong, maka rilmen akan menawarkan opsi Pre Order atau menolak Pesanan dari Pembeli, dan pembayaran atas Produk yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.

  6. Pembeli wajib untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Produk (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) dan Harga sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli dengan mengisi Form Pesanan.

C. Proses Pemesanan

  1. Pembeli dianggap telah memahami, mengakui, menerima dan menyetujui Produk dan Harga serta deskripsi dan keadaan Produk sebagaimana adanya ketika Pembeli mengirimkan Form Pesanan kepada Penjual.

  2. rilmen akan mengirimkan pemberitahuan penerimaan Pesanan kepada Pembeli yang menyatakan bahwa Pesanan telah diterima, ringkasan Pesanan dan instruksi pembayaran untuk dilakukan oleh Pembeli.

  3. Apabila Pembeli menemukan kesalahan penulisan data dalam Form Pesanan, Pembeli dapat segera menghubungi Toko Online melalui fitur chat atau nomor yang tertera di situs web.

  4. Pembeli dan rilmen menyatakan secara hukum terikat dalam Perjanjian saat rilmen mengirimkan pemberitahuan penerimaan Pesanan.

  5. Kecuali Pembeli memilih cara pembayaran Bayar di Tempat (Cash On Delivery/ “COD”), penyelesaian jangka waktu untuk melakukan pembayaran diberikan selama sesuai dengan informasi yang tertera pada saat pembelian. Apabila tidak ada pembayaran setelah lewat jangka waktu tersebut, Pesanan otomatis batal. Untuk pengiriman dengan cara COD, Pesanan akan dikirimkan setelah rilmen mengirimkan pemberitahuan kepada Pembeli bahwa Pesanan diproses.

  6. Setelah Pembeli melakukan Pembayaran dan konfirmasi Pembayaran diterima oleh rilmen, rilmen akan mengirimkan pemberitahuan kepada Pembeli bahwa Pesanan akan segera di proses.

  7. rilmen akan mengirimkan pemberitahuan kepada Pembeli ketika Pesanan akan dikirimkan dan sedang dalam proses pengiriman sampai Pesanan tiba di tujuan.

  8. Jangkauan area pengiriman bergantung pada ketersediaan kurir yang dapat dicek melalui situs web.

D. Pembayaran

  1. Pembayaran dilakukan oleh Pembeli dalam mata uang Rupiah (IDR).

  2. Pembayaran Pesanan dapat dilakukan melalui Bayar di Tempat (Cash On Delivery/ “COD”) atau dengan bank transfer langsung ke rekening Toko Online di nomor rekening yang tercantum di situs web.

  3. Untuk setiap jenis pembayaran Pembeli akan dikenakan biaya administrasi sebagai berikut:

    Transfer Bank (ATM, e-banking, e-mobile) : Rp.0

    COD : Rp.5.000

  4. Pembayaran dianggap lunas jika jumlah uang yang diterima rilmen sesuai dengan jumlah yang harus dibayar sebagaimana tercantum dalam Form Pesanan. Pembeli diharapkan segera melakukan konfirmasi pembayaran melalui fitur “Konfirmasi Pembayaran” yang tersedia di Situs rilmen atau menghubungi kami melalui fitur chat. 

  5. rilmen tidak bertanggung jawab terkait keterlambatan atau penolakan kendala dalam proses transfer antar bank, kendala di ATM, dan Masalah Sistem Pembayaran. Pembeli dapat menghubungi pihak bank terkait.

  6. rilmen tidak bertanggung jawab atas kelalaian Pembeli dalam menuliskan nama dan nomor rekening tujuan rilmen dan informasi transfer atau kelalaian pihak bank pada saat Pembeli melakukan pembayaran. 

  7. Untuk pembayaran dengan cara COD, Pembeli akan membayar langsung secara tunai (cash) sejumlah yang tercantum dalam Form Pesanan kepada petugas jasa pengiriman pada saat Pembeli melakukan serah terima Pesanan.

E. Masa Perlindungan Pembeli

  1. Pada saat menerima Pesanan, Pembeli wajib segera memeriksa keadaan Produk dan memastikan kebenaran, kuantitas dan kualitas Produk yang diterima.

  2. Jika pesanan yang diterima Pembeli tidak sesuai, harap menghubungi Penjual secara langsung melalui fitur chat untuk ketentuan penyelesaian lebih lanjut melalui kontak yang terdapat pada situs web.

F. Pengajuan Keluhan

Kami selalu memeriksa dan memastikan kualitas dan kuantitas Produk sesuai dengan Form Pesanan yang telah setujui oleh Pembeli sebelum pengiriman dilakukan. Namun, apabila Pembeli memiliki keluhan berupa cacat produksi, produk rusak, kedaluwarsa, atau Produk tidak sesuai dengan yang ada di Form Pesanan, Pembeli dapat mengajukan keluhan melalui fitur chat dan kami dengan senang hati membantu masalah Pembeli.

G. Penyelesaian Sengketa

  1. Segala sengketa atau perselisihan yang timbul sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan, Perjanjian, hubungan hukum antara Pembeli dan rilmen akan diselesaikan pertama-tama secara musyawarah. 

  2. Dalam hal penyelesaian secara musyawarah tidak dapat tercapai, para pihak sepakat untuk menyelesaikan sengketa atau perselisihan di Pengadilan Negeri sesuai wilayah tergugat. 

H. Hukum Yang Berlaku

Syarat dan Ketentuan, Perjanjian, hubungan hukum antara Pembeli dan rilmen dan segala akibat hukum yang timbul sehubungan dengan penggunaan Situs rilmen dan transaksi pembelian di rilmen diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia.

I. Layanan Pelanggan

rilmen selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Apabila pelanggan memiliki kendala dalam penggunaan Situs rilmen, pertanyaan, komentar maupun saran, pelanggan dapat menghubungi kami di fitur chat maupun email.

Copyright 2021 rilmen.id